Mengenal Istilah Hipnosis, Hipnotis, dan Hipnoterapi (#Basic 5)

Hipnosis atau hipnotisHipnosis

Hipnosis merupakan kata serapan dari Hypnosis, dengan kata lain, hipnosis merupakan versi bahasa indonesia dari kata Hypnosis. Hypnosis sendiri adalah sebuah kata bahasa inggris yang diperkenalkan oleh Dr. James Braid pada tahun 1842, dengan mengacu kepada disiplin ilmu neurophology. Hypnosis berasal dari kata hipnos, yang merupakan nama dewa tidur pada mitologi yunani.

Setelah membaca penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa hipnosis dan Hypnosis merupakan sebuah kata yang sama tapi beda bahasa, Hipnosis memakai bahasa indonesia, sedangkan hypnosis menggunakan bahasa inggris. Hipnosis/Hypnosis merupakan ilmu yang masuk dalam kategori psikologi yang isinya berupa tata cara, ataupun metode komunikasi dengan tujuan untuk menjangkau pikiran bawah sadar. Jadi Hipnosis merupakan nama ilmunya.

Hipnotis

Hipnotis berasal dari kata Hypnotist. Sama seperti penjelasan diatas, Hipnotis ini merupakan serapan dari bahasa inggris hypnotist, yang berarti orang yang melakukan hipnosis. Istilah ini sama dengan istilah guitarist untuk pemain gitar, ataupun artist untuk orang yang bergerak di bidang seni. Jadi Hipnotis merupakan orang yang melakukan hipnosis/orang yang mempraktekan ilmu hipnosis.

Hipnoterapi

Hipnoterapi berasal dari kata Hypnotherapy yang merupakan salah satu pemanfaatan dari ilmu hypnosis. Jadi hipnoterapi merupakan terapi psikologi yang menggunakan ilmu hypnosis. Terapi ini biasa digunakan untuk mengatasi masalah psikologi yang dihadapi oleh seseorang, seperti takut ketinggian, takut gelap, takut melihat bawang, serta fenomena masalah psikologi lainnya. Hipnoterapi juga sering digunakan untuk menghilangkan kebiasaan-kebiasaan yang diyakini kurang baik bagi seseorang, seperti kebiasaan merokok, kebiasaan mabuk, dan kebiasaan buruk lainnya.

Orang yang melakukan praktek hipnoterapi disebut hipnoterapis. Semua hipnoterapis merupakan Hipnotis, tapi tidak semua hipnotis hipnoterapis. Hipnoterapi merupakan ilmu hypnosis yang lebih tinggi dari hypnosis dasar seperti yang dilakukan di pertunjukan tv, perlu keahlian khusus bagi seorang hipnotis untuk menjadi seorang hipnoterapis.

Istilah apa yang saya gunakan di www.bisahipnotis.com ini?

Di Indonesia, istilah hipnotis jauh lebih populer di masyarakat daripada istilah Hipnosis. Hal ini terjadi karena hampir semua acara-acara yang menampilkan ilmu hypnosis di tv menggunakan istilah hipnotis. Oleh karena itu, saya lebih cenderung menggunakan istilah “hipnotis” untuk menggantikan “hipnosis”. Jadi, untuk ilmunya, saya lebih senang menggunakan istilah ilmu hipnotis, karena ini lebih populer. Sementara untuk orang yang melakukan hypnosis, di website ini saya menggunakan istilah penghipnotis/orang yang melakukan hipnotis. Hehehe… Tapi tidak menutup kemungkinan saya juga akan menggunaakan kata Hipnosis, terutama untuk hal yang sangat teknis. Jadi clear ya kenapa di website ini nanti saya lebih cenderung menggunakan istilah hipnotis dari pada hipnosis. Bagi yang baru pertamakali mengunjungi website ini, silakan baca petunjuk belajar untuk memulai belajar hipnotis, atau langsung ke menu basic yang ada diatas.

Leave a Reply