Prinsip Kerja Otak Manusia (Basic #3)

Prinsip kerja otak manusia merupakan hal sangat penting yang wajib anda ketahui ketika belajar hipnotis. Jadi yang akan dibahas di materi kali ini adalah prinsip umum dari cara kerja otak manusia. Anda pasti sering mendengar kata-kata “masuki alam bawah sadar anda” dalam acara hipnosis atau hipnotis di televisi. Siapapun penghipnotisnya, kata-kata ini sangat sering digunakan. Tidakkah anda pernah penasaran dan mencari tahu kenapa para penghipnotis sering menggunakan kata “alam bawah sadar?”

Belajar Hipnotis, concious dan subconciousSecara umum otak manusia menurut cara kerjanya terbagi menjadi dua bagian: Pikiran Sadar/concious mind dan pikiran bawah sadar/subconcious mind. Atau lebih dikenal dengan istilah alam sadar, dan alam bawah sadar. Dalam kegiatan sehari-hari, keduanya sama-sama bekerja. Tapi yang tidak banyak diketahui orang, bahwa alam bawah sadar kita bekerja sebanyak 88% setiap harinya, sedangkan alam sadar hanya bekerja 12%.

Kenapa pikiran bawah sadar kita bekerja JAUH LEBIH BANYAK dari pikiran sadar? apakah dalam sehari-hari kita melakukan kegiatan dengan tanpa sadar?? Inilah pertanyaan yang saya ajukan ketika awal belajar hipnotis dan mengetahui fakta ini. Perlahan-lahan saya mendapat jawaban dari berbagai sumber, baik itu dari buku, artikel, atau pun langsung nanya ke orang yang saya anggap bisa.

Bahkan saya pernah mengikuti kuliah malam yang didalamnya ada mata kuliah yang membahas pikiran bawah sadar. Mata kuliah itu kebagi dalam 2 semeseter, pikiran bawah sadar I, dan pikiran bawah sadar II. Ini bisa menggambarkan bahwa penjelasan tentang pikiran bawah sadar itu sebenernya cukup kompleks, tapi disini saya akan berusaha untuk menjelaskan intinya saja, hal yang kira-kira penting untuk diketahui sebelum belajar hipnotis, tidak sampai hal-hal yang kompleks.

Pikiran Sadar dan Pikiran Bawah Sadar

Belajar hipnotis, Cara Kerja Pikiran Manusia

Ilustrasi (foto: pixabay.com)

Secara sederhana, pikiran sadar merupakan suatu proses dimana kita masih harus butuh waktu untuk berpikir ketika mengerjakan sesuatu, sedangkan pikiran bawah sadar merupakan suatu proses dimana kita tidak memerlukan proses berpikir lagi ketika mengerjakan sesuatu. Jadi pikiran sadar itu anda sadari dan bisa anda kendalikan, sedangkan pikiran bawah sadar berproses dan berfungsi secara otomatis sehingga anda tidak menyadarinya.

Secara umum pikiran sadar bersifat rasional, analitis, serta didalamnya juga terdapat kehendak dan memori jangka pendek. Sedangkan alam bawah sadar didalamnya terdapat kebiasaan yang kita lakukan, reflek, emosi, intuisi, kreativitas, keyakinan dan nilai, kepribadian, memori jangka panjang, persepsi tentang sesuatu, serta fungsi-fungsi tubuh yang bersifat otomatis (seperti detak jantung, kedipan mata, suhu tubuh, pengeluaran keringat, dll).

Dari penjelasan diatas apa sudah tergambar kenapa pikiran bawah sadar kita bekerja 88% dalam sehari sedangkan pikiran sadar hanya 12% ? Ok, mungkin sudah banyak diantara anda yang sudah mengetahui jawabannya. Tapi bagi yang belum mengerti saya akan mencoba menjelaskan memakai contoh supaya lebih real dan mudah diingat.

Ketika anda makan menggunakan sendok, apakah anda perlu berpikir makanan di sendok itu perlu anda masukkan kemana? apakah anda perlu berpikir terlebih dahulu apakah makanan tersebut harus dimasukkan ke hidung? Mata? Atau Telinga? tentu tidak! Itulah salah satu contoh kecil cara kerja pikiran bawah sadar. ketika anda makan alam bawah sadar bekerja, tapi alam sadar juga bekerja, seperti memilih makanan mana yang kira-kira tidak boleh dimakan karena anda sedang diet, ataupun hal-hal yang membutuhkan proses berpikir rasional lainnya.

Belajar Hipnotis, Pikiran sadar dan pikiran bawah sadar

Ilustrasi (foto:wikipedia.org)

Dalam proses makan dan kegiatan kita sehari-hari lainnya, proses pikiran sadar bekerja saat kita masih berumur sangat muda, bahkan saat kita balita. Karena waktu kecil, kita benar-benar belajar bagaimana cara makan, bagaimana cara memegang sendok, dan belajar proses kegiatan kita sehari-hari lainnya, sehingga ketika kita dewasa, kita tidak perlu lagi berpikir keras untuk melakukan hal-hal tersebut , karena pikiran bawah sadar sudah bekerja.

Itulah gambaran secara umum dan singkat tentang bagaimana cara kerja otak manusia secara umum. Bagaimana hubungannya dengan hipnosis/hipnotis dan pentinganya pengetahuan ini bagi orang yang belajar hipnotis bisa anda baca disini. Atau Kalau anda baru pertama kali mengunjungi website ini dan ingin belajar hipnotis, silakan klik panduan hipnotis, atau bisa langsung ke bagian materi hipnotis dasar yang ada di menu utama.

Leave a Reply